Coretan Penaku

Resep Hidup Bahagia

18 Mar 2011 - 00:44 WIB

Kita dalam hidup didunia yang singkat ini tentu ingin bahagia, ada beberapa kiat agar hidup kita bahagia, saya kutib dari sebuah buku karangan Ulama dari Madinah yang sudah diterjemahkan. berikut ini resepnya :

Ketenteraman dan kesenangan hati serta hilangnya keresahan dan kesedihan adalah tujuan setiap manusia. Dengan itu kehidupan bahagia menjadi realita dan kesenangan serta kegembiraan yang sebenarnya pun terwujud.
Hal ini bisa tergapai lantaran tiga sarana yaitu :
A. Sarana melalui pembenaran kehidupan religi.
B. Sarana yang bersifat alami
C. Sarana praktis yang dijalani dengan sungguh-sungguh.

Berikut sarana/langkah yang harus dilakukan :
1. Percaya akan adanya Tuhan Yang Maha Esa dan berbuat kebaikan. Orang yang beriman dan melakukan perbuatan baik, menghadapi keberuntungan dengan rasa syukur dan menghadapi bencana dengan sabar sehingga membuahkan dihatinya kesenangan, dan hilangnya kesedihan.
2. Berperilaku baik melalui ucapan, perbuatan dan segala kebaikan.
3. Menyibukkan diri dengan melakukan suatu pekerjaan atau belajar suatu ilmu yang bermanfat bagi dirinya.
4. Konsentrasi untuk menghadapi hari ini. Terpusatnya pikiran sepenuhnya untuk memberikan perhatian kepada pekerjaan hari ini yang dihadapi dan menghentikan pikiran dari menoleh jauh kewaktu mendatang dan dari kesedihan menengok masa lalu.
5. Pandanglah kebawah dalam hal materi. Pandanglah orang yang lebih bawah darimu dalam hal materi, dan jangan kamu memandang orang lebih atas darimu.
6. Melupakan kesusahan dimasa lalu. Berupaya keras menyingkirkan penyebab kegundahan itu dan meraih berbagai sarana yang dapat membuahkan kegembiraan, yaitu dengan melupakan kesusahan dimasa lalu.
7. Memandang ringan segala kesusahan. Berupaya memandang dan menjadikan ringan segala kesusahan yaitu dengan mengandaikan/membayangkan kemungkinan lebih buruk dari yang telah terjadi, dan menguatkan hati dalam menghadapinya.
8. Tidak mudah terguncang oleh bayangan buruk. Ketahanan dan kekuatan hati serta tidak mudahnya terguncang atau larut oleh bayang-bayang atau khayalan buruk yang dipengaruhi pikiran-pikiran buruk.
9. Bersikap adil dan bijaksana dalam bergaul.
10. Masa bahagia yang pendek itu jangan engkau pendekkan lagi dengan kegundahan dan kelarutan dalam kekeruhan pikiran.
11. Yakinilah, bahwa cobaan itu kecil dibanding besarnya karunia. Jika tertimpa atau khawatir tertimpa cobaan yang tidak diinginkan, hendaknya membandingkan nikmat Tuhan yang masih melekat padanya, baik disisi kehidupan religi atau duniawi, dengan cobaan yang menimpa maka akan diketahui betapa banyaknya nikmat Tuhan dan betapa kecil cobaan.
12. Jangan terpancing emosi oleh tutur kata buruk seseorang yang diarahkan kepada anda. Tindakan menyakiti yang dilakukan orang lain kepada anda, khususnya dengan kata-kata yang buruk, tidaklah membahayakan anda, bahkan justeru membahayakan mereka sendiri.
13. Arahkan pikiran kesesuatu yang bermanfat disisi kehidupan religi maupun duniawi.
14. Meraih dan melakukan tindak-tindak utama. Lakukan itu seirama dorongan bathin, tanpa mengada-ada yang justeru membuat anda mengeluh dan turun tangga, gagal meraih keutamaan itu, karena anda telah melalui jalan yang berbelok.
15. Ciptakan suasana jernih dan manis dibalik kekeruhan. Dengandemikian jernihnya kelezatan dan nikmat hidup akan bertambah, dan suasana yang keruhpun akan sirna.
16. Jadikan ketenangan bathin dan pemusatan jiwa sebagai pembantu anda menangani pekerjaan penting. Pusatkan perhatian anda kepada hal-hal yang bermanfat dan janganlah menoleh kehal-hal yang membahayakan dan merugikan.
17. Selesaikan pekerjaan tepat waktu. Menyelesaikan pekerjaan yang sedang ditangani dan konsentrasi menghadapi yang akan ditangani, karena jika pekerjaan itu tidak anda selesaikan, akan tertumpuklah didepan anda sisa pekerjaan yang lalu ditambah pekerjaan berikutnya, dan beban bertambah berat.
18. Pandai-pandailah memilih dan memilah pekerjaan. Memilih yang terpenting dari sekian pekerjaan yang bermanfat, lalu berikutnya dan seterusnya sesuai urutan nilai kepentingannya. Dan memilah mana yang dicenderungi dan sangat diminati oleh hati anda.
Itulah kutipan beberapa sarana/langkah agar hidup kita didunia ini bahagia, tidak stress dan enjoy aja.


TAGS   Hidup Bahagia / Resep agar hidup bahagia /