Coretan Penaku

Mengenang Wajah Pejuang Yg Terlupakan

12 Aug 2016 - 11:36 WIB

Tak terasa sudah 71 tahun Indonesia merdeka, tepatnya 17 Agustus 1945, 71 tahun yang lalu dipekikan Merdeka….!!! hasil akhir sebuah perjuangan anak bangsa yang bertaruh harta, nyawa dan bergelimang tetesan air mata. Jangan tanya apa yang karu peroleh dari kemerdekaan negeri ini namun tanyalah apa yang kau perbuat untuk kemerdekaan negeri ini.

Mengenang kembali perjuangan para pejuang kemerdekaan negeri ini, aku coba otak-atik lemari usang peninggalan ayah dan kakekku, kutemukan sebuah album foto yang usang dengan beberapa foto yang sudah mulai luntur warnanya.

 

 

Wajah-wajah pejuang tersebut bukanlah pahlawan besar yang namanya dikenang diumum sebagai, nama jalan, nama bandara dan lain-lain. Namun patut ditelaah mereka yang telah tiada adalah ujung tombak perjuangan, merekalah digaris depan mengusir penjajah ditengah atasan mereka menyusun strategi militer dan politik untuk kemerdekaan NKRI.

Wajah-wajah pejuang yang terlupakan yang telah tidur damai sepanjang masa walau hanya bernisan topi baja dan bambu runcing, namun aku yakin mereka tersenyum bahagia dalam tidur panjangnya karena telah wariskan kemerdekaan bagi anak cucu dinegeri ini.

Amat disayangkan jikalau ada sahabat teman seperjuangan mereka yang saat ini masih menghirup udara segar justeru menderita secara ekonomi dan sosial atas negeri yang mreka perjuangkan hingga merdeka.

 

NB : Mungkin saat ini mereka tinggal tulang belulang, namun jadikan semangat juang dan perjuangan mereka terpatri dalam sanubari anak bangsa untuk negeri


TAGS   HUT RI 71 / Politik /