Coretan Penaku

Hari Anti Korupsi dan Maulid Nabi saw

9 Dec 2016 - 11:27 WIB

Hari ini tanggal 9 Desember 2016 adalah hari diperingatinya Hari Anti Korupsi sedunia. Sebuah moment mengingtakan kembali pada diri kita semua sebagai hamba Tuhan, warga negara baik dari kalangan rakyat jelata hingga pejabat tinggi agar senantiasa berhati-hati agar tidk terjerumus perbuatan korupsi.

Entah mengapa dibuatkan khusus hari untuk memperingati Anti Korupsi sedunia, mungkin semua bangsa menyadari bahwa Korupsi adalah biang kehancuran sebuah negara, tak mengindahkan ideologi bentuk pemerintahan sebuah negara jikalau korupsi mewabah maka negara tersebut akan mengalami kehancuran.

Korupsi musuh bersama bagi siapa saja dari berbagai belahan dunia. Tujuan peringatan Hari Anti Korupsi sama dengan maksud dikeluarkannya konvensi ini yakni untuk mempromosikan strategi pemberantasan korupsi yang lebih efisien dan efektif , memfasilitasi kerjasama internasional dan bantuan tehnis dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, serta meningkatkan integritas, akuntabilitas dan manajemen urusan publik yang baik.

Berbagai upaya pemerintahan diberbagai negara berusaha untuk mengikis habis korupsi, namun demikian tak surut, ibarat patah satu tumbuh lagi, perbuatan korupsi senantiasa ada pada setiap generasi dan bergantinya sebuah pemerintahan. Sebuah penyakit yang sulit dihapus baik dengan sanksi hukum yang tegas hingga hukuman mati, kenaikan gaji pejabat, pengampunan, tak pelak lagi korupsi tetap ada.

Berbagai LSM dan lembaga anti korupsi seperti KPK didirikan, namun juga belum mampu menghapusnya. Kuncinya pada diri manusia itu sendiri mau menyadari atau tidak bahwa sebagai hamba Tuhan perbuatannya adalah bentuk melanggar aturan Tuhan. Butuh tauladan dari seseorang yang bisa dijadikan acuan tersebut, bukan sekedar lisan, iklan, anjuran yang nyatanya tidak mampu terlebih yang berucap justeru tidak melaksanakannya.

Moment maulud Nabi Muhammad SAW, 12 Desember 2016 tiga hari setelah hari Anti Korupsi adalah saat yang tepat untuk mengingat kembali tauladan dari seorang Nabi yang membawa Risalah serta dalam dirinya tercermin dan terbukti sebagai seorang yang jujur. anti suap, anti korupsi.

Nabi Muhammad SAW nabinya umat mayoritas negeri ini, patut dijadikan contoh bagi siapa saja untuk senantiasa berperilaku sebagaimana beliau dalam kehidupan sehari-sehari baik sebagai rakyat biasa atau pemimpin sebuah negara. Rasulullah saw mempunyai perilaku dan akhlak yang sangat mulia terhadap sesama manusia, khususnya terhadap umatnya tanpa membedakan atau memandang seseorang dari status sosial, warna kulit, suku bangsa atau golongan. Beliau selalu berbuat baik kepada siapa saja bahkan kepada orang jahat atau orang yang tidak baik kepadanya.

Adapun 4 sifat yang ada pada dirinya yaitu :

SIDDIQ, Siddiq ertinya benar. Benar adalah suatu sifat yang mulia yang menghiasi akhlak seseorang yang beriman kepada Allah. Cerminan bagai seseorang agar senantiasa benar apa yang diucapkan, bukan isu, fitnah, ngibul ataupun hoak.

AMANAH. Amanah ertinya benar-benar boleh dipercayai. Jika satu urusan diserahkan kepadanya, nescaya orang percaya bahawa urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dalam mengemban tugas dapat dipercaya, melaksanakan dengan benar, tidak melakukan markup, pungli, mangkir dan pencarian kambing hitam atas kesalahannya.

TABLIGH. Tabligh ertinya menyampaikan. Tidak ada yang disembunyikan walaupun ianya menyinggung Baginda sendiri. Menyampaikan dengan jujur apa-apa yang diketahuinya tanpa menyembunyikan, menambhakan, mengurangi demi kepentingan diri sendiri.

FATHONAH. Fathonah ertinya bijaksana. Bijaksana dalam mengemban jabatannya, berbuat adil sesuai kiadha dan fakta yang ada, tidak terpengaruh oleh desakan orang lain, dorongan uang dan demi kepentingannya.

 

Kunci Anti Korupsi adalah dimulai dari setiap personil agar senantiasa komit anti korupsi pada dirinya. Sebab sebuah perbuatan korupsi akan terjadi dan ada karena niat yang ada pada diri manusia itu sendiri.

Semoga dengan beriringannya hari Anti Korupsi Sedunia dan Maulid Nabi Muhammad SAW, mengingtakan kembali suri tauladan Rasulullah saw agar diri kita terhindar dari perbuatan korupsi.


TAGS   anti koruupsi / maulid nabi saw /