Coretan Penaku

Jadikan Musibah Sebagai Tuntunan Bukan Tontonan

13 Feb 2017 - 11:32 WIB

Semakin majunya jaman serta akibat pengaruh globalisasi budaya sebuah bangsa juga ikut berubah. Tengoklah dahulu ketika ada musibah kematian, anak-anak kecil pada ketakutan untuk melihat apalagi mendatangi kuburan saat dimakamkan, begitupula dengan orangtua masa itu juga mewanti-wanti agar anaknya tidak melihat mayat orang yang meninggal. Kini berbeda jauh sering kita lihat anak-anak kecil ikut melihat, mengunjungi hingga ikut kemakam orang yang meninggal untuk dikuburkan.

Sebuah pembentukan perilaku yang mengalami kemajuan dari pengaruh bentuk mistik kuno, tahayul, dan sejenisnya. Akan tetapi saat ini pula karena terlalu majunya perilaku tersebut  sehingga melampui norma-norma yang ada.

Banyak kita jumpai orang berkerumun untuk melihat dan mendatangi musibah kecelakaan, bencana alam, kebakaran dan lain-lain, bahkan ada pula yang selfie pada tempat kejadian tersebut tanpa mengindahkan bahaya pada dirinya atau lupa untuk membantu orang yang tekena musibah tersebut.

Musibah tersebut tidak membuatnya merasa takut atau merasa iba, bahkan dianggap sebagai hiburan. Sebuah fenomena yang amat disayangkan menjadikan musibah sebagai tontonan. Padahal musibah terjadi karena beberapa faktor kesalahan manusia itu sendiri, musibah kebakaran karena faktor kelalaian manusia, musibah banjir karena faktor kurang menjaga lingkungan dan kebersihan, musibah kecelakaan karena faktor tidak mengindahkan peraturan lalu lintas serta peraturan lain dalam berkendara di jalan umum, dari mulai ngebut, menyetir sambil mabok, mengendarai sambil main handphone, tidak memakai helm dan lain-lain.

Karena hal tersebut musibah banjir tetap ada, musibah kecelakaan lalu lintas terus bertambah. Seandainya menjadikan peristiwa kecelakaan, bencana alam sebagi tuntunan bukan tontonan lambat laun musibah-musibah yang sama akan berkurang.

Menjadikan musibah sebagai tuntunan untuk menelaah, mencermati pada orang yang terkena musibah sebab akibatnya untuk dipelajari dan dijadikan pedoman agar kesalahan-kesalahan yang ada tidak dilakukan dirinya demi keamanan dirinya terjaga dari musibah-musibah tersebut.

Ditengah maraknya musibah banjir dimana-mana mari sama-sama jadikan tuntunan bukan sekedar tontonan, agar kita senantiasa menjaga lingkungan dan berbudaya bersih.


TAGS   musiabah / tontonan / tuntunan /


Comment