Coretan Penaku

Inikah Enaknya Jadi PNS

7 Sep 2017 - 12:11 WIB

Resmi, 61 Instansi Pemerintah Buka 17.928 Lowongan CPNS sebuah berita bagai buah durian yang runtuh. Para lulusan sekolah menengah atas hingga lulusan perguruan tinggi disibukkan untuk mengurus dan mempersiapkan berbagai macam persyaratan agar dapat diterima sebagai PNS diinstansi terkait.

Jumlah pelamar lebih banyak 5 hingga 10 kalilipat dari jumlah peluang jabatan yang disediakan. Tak ayal para peserta harus kerjakeras secara fisik, fikiran hingga materi agar dapat lolos dan lulus diterima sebagai PNS.

Ketatnya persaingan tersebut memunculkan ide-ide negatif yang dimanfaatkan oknum-oknum tertentu untuk memperoleh keuntungan. Janji dapat diterima dengan syarat setor sejumlah uang, memakai  dan membayar joki agar lulus ujian, atau melobi para pihak yang berwenang terhadap proses perekruitan dan lain-lain. Ditengah semangatnya mengejar kedudukan sebagai PNS terkadang tanpa berfikir panjang sehingga termakan rayuan, tak heran kalau banyak kasus penipuan dengan korban banyak orang dan uang hingga ratusan juta rupiah.

Ada yang menarik dari fenomena saat lowongan kerja PNS dibuka, banyak orang bersemangat dengan niat membaja memperolehnya. Padahal kalau jeli gaji yang mereka dapatkan saat terpilih sebagai PNS tidak seberapa signifikan dibanding dengan gaji bila bekerja diperusahaan swasta. Besaran gaji PNS  dalam rentang gaji terkecil hingga gaji terbesar Tahun 2015 (PP 30-2015): Rp 1.486.500-Rp 5.620.300. Gaji awal seorang PNS baru sebesar 1.486.500 dibawah jauh upah minimum regional para pekerja industri yang mencapai 3 juta lebih.

Kenapa banyak orang lebih banyak memilih sebagai PNS daripada swasta ? ada beberapa ungkapan menarik yang merupakan alasan mereka semangat untuk menjadi PNS

“ Jadi PNS masa depan terjamin tidak kawatir terkena PHK seperti pegawai swasta”

“Jadi PNS kalau sudah tua dapat pensiun..”

“ Jadi PNS kerjanya santai………..”

Dan lain-lain berbagai impian yang mereka harapkan ketika menjadi PNS.  Tak heran kalau kita sering melihat banyak PNS keluyuran diwarungkopi saat jam kerja, tiduran dimesjid, bahkan main catur baca koran dikantor. Dengan gaji sebesar itu tak salah kalau ketika melihat pola hidup dan kekayaan PNS yang diluar logika ada yang mengatakan “PNS itu pekerjaan 1 dikerjaan sepuluh hari, 1 gaji tapi 10 masukan tak terduga…”

PNS adalah sebuah jabatan untuk melayani rakyat sebuah bentuk pengabdian pada rakyat karena mereka digaji oleh uang rakyat. Untuk itu moment peluang penerimaan PNS hendaknya dijadikan untuk mencari para pengabdi-pengabdi rakyat yang mumpuni, juju, kerja keras serta ikhlas demi membangun negara ini. Orientasi memperkaya diri musti dicegah sejak awal saat perekruitan ini dengan benar-benar bebas dari praktek suap, kroni, nepotisme dan lain-lain.


TAGS   PNS / Lowongan / Pengabdian / Gaji /